Festival Gaye Syariah (FEGAS) II Resmi Digelar, Gubernur Kalbar Membuka Acara

Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji saat didampingi oleh Rektor IAIN Pontianak, Dr. Syarif, MA. saat membuka kegiatan FEGAS 2018 – Photo by Aulia Rahman

Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam (FSEI) IAIN Pontianak resmi menggelar Festival Gaye Syari’ah ke-2 (FEGAS 2018), pada Senin malam (15/10/2018). Acara yang dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji ini akan berlangsung selama sepekan ke depan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Rektor IAIN Pontianak, Dr. Syarif, MA. beserta jajaran, Dekan FSEI IAIN Pontianak, Dr. H. Fachrurrazi, MM. beserta jajaran, para Ketua Jurusan dan dosen di lingkungan FSEI IAIN Pontianak, para stakeholder, ribuan mahasiswa, puluhan UKM dan para rekanan sponsor yang ikut menyukseskan acara tersebut.

Ketua Panitia Fegas 2018, Muhammad Amal dalam laporannya di hadapan seluruh tamu undangan memaparkan bahwa, tema yang diusung adalah “Mengekspresikan Semangat Generasi Milenial yang Kreatif, Inovatif Bergaya Syari’ah”. Adapun tujuan diselenggarakannya FEGAS 2018 adalah untuk merangkul semua pihak termasuk masyarakat luas dalam kegiatan akbar ini.

Ketua DEMA FSEI 2018, Firdaus juga menambahkan bahwa, diselenggarakannya FEGAS 2018 adalah selain untuk mengasah kreativitas generasi milenial yang bergaya syari’ah, juga untuk memperlihatkan kepada masyarakat luas mengenai kapabilitas mahasiswa-mahasiswa keluaran FSEI yang unggul dan berdaya saing, sehingga akan mengharumkan nama baik FSEI IAIN Pontianak di mata masyarakat luas.

Acara Opening Ceremony FEGAS 2018 secara resmi dibuka oleh Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji di hadapan ribuan pengunjung dan tamu undangan. Gubernur yang akrab disapa Bang Midji berpesan bahwa FEGAS 2018 harus menjadi suatu produk kegiatan unggulan FSEI yang berkelanjutan dan menjadi momentum membumikan gaya syari’ah kepada generasi milenial.

Adapun festival yang akan disuguhkan dalam FEGAS II 2018 yakni sebagai berikut:

  1. Festival Accoustic syariah dan budaya (UMUM)
  2. Pameran Handcraft dan bazar FSEI
  3. Festival jajanan tahun ’90 an (UMKM)
  4. Festival 10. 000 origami
  5. Pagelaran komunitas satwa, komunitas sepeda ontel dan komunitas lainnya.
  6. Festival LED
  7. Festival Perkusi dan Tari budaya

Tidak hanya festival semata, melainkan ada juga sejumlah kompetisi menarik yang akan mewarnai dan menghibur para pengunjung FEGAS 2018, diantaranya Debat Bahasa Inggris Tingkat SMA/SMK/MA Se-Kalbar dengan tema seputar ekonomi dan hukum berbasis konvesional dan syariah. Talkshow tentang Inklusi Keuangan, Cerdas Cermat Saham dan Ekonomi Tingkat Perguruan Tinggi Se-Kota Pontianak, Talkshow Perda Kota Pontianak dan yang tidak kalah penting adalah kompetisi umum berupa Stand Up Comedy dan Musik Akustik.

Penulis: fadhieldluffy

Leave a Reply