FSEI IAIN Pontianak Selenggarakan Simulasi Teknik Persidangan Untuk Mahasiswa Hukum

Mahasiswa Sedang Mempraktekkan Simulasi Persidangan – Rini Aprilia

Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam (FSEI) IAIN Pontianak menyelenggarakan kegiatan Simulasi Teknik Persidangan yang diikuti oleh mahasiswa-mahasiswi Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES) dan Hukum Keluarga Islam (HKI) di Ruang Lab. Peradilan Semu pada Sabtu ( 1/12/2018).

Kegiatan ini merupakan simulasi bagi mahasiswa hukum di IAIN Pontianak agar lebih paham tentang bagaimana proses berperkara, mulai dari proses pendaftaran, adminstrasi pengadilan, teknik persidangan dan proses penyelesaian perkaranya.

Wakil Dekan II, Rasiam, M.A. di sela-sela kegiatan menerangkan bahwa beliau sangat mengapresiasi kegiatan yang bagus ini. “Simulasi teknik persidangan dilakukan mengingat bahwa memang mahasiswa-mahasiswi hukumlah yang berpotensi di bidang tersebut, dan ini merupakan ranah mereka” Ujarnya.

Beliau berharap agar mahasiswa fokus mendengarkan materi yang akan disampaikan dari awal bahkan sampai selesai. Adapun yang memandu teknik persidangan adalah Bapak Qomaruzzaman selaku advokat di Kota Pontianak. Mahasiswa dilatih menjadi majelis hakim, penggugat dan tergugat, kuasa hukum masing-masing pihak dan panitera.

Agenda sidang dimulai dari proses mediasi, ketika mediasi gagal kemudian dilanjutkan ke proses pembacaan gugatan, pembacaan jawaban gugatan, replik, duplik, proses pembuktian, kesimpulan dan putusan majelis hakim.

Peserta simulasi teknik persidangan selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat, juga dibekali dengan sertifikat yang dijadikan sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) untuk mahasiswa yang lulus nanti. Agar setelah lulus nanti mereka punya bekal yang dibawa ke dalam dunia profesi hukum.

Penulis: Rini Aprilia

Editor: fadhieldluffy

Leave a Reply