HMJ Hukum Ekonomi Syari’ah Adakan Pelatihan Debat Hukum

M. Ulil Azmi Saat Memantik Pelatihan Debat – Rijal

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Prodi Hukum Ekonomi Syari’ah mengadakan Pelatihan Debat Hukum bertempat di Gedung Tower B Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam (FSEI) IAIN Pontianak pada Sabtu (17/11/2018). Adalah Reflian Wahyu dan M. Ulil Azmi selaku pemantik pada kegiatan ini. Keduanya merupakan lulusan peserta debat hukum nasional pada gelaran Sharia Event di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ketua HMJ Hukum Ekonomi Syari’ah, Rijal mengungkapkan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk membangun kompetensi mahasiswa di bidang public speaking, khususnya kemampuan dalam membedah dinamika hukum di Indonesia. Adapun sasaran kegiatan ini adalah mahasiswa baru Hukum Ekonomi Syari’ah.

“Tujuan kami mengadakan kegiatan ini bagi mahasiswa baru adalah Pertama, merangsang kerangka berfikir mereka untuk membedah problematika hukum di negara ini. Kedua, mengembangkan kemampuan public speaking di bidang hukum. Ketiga, mempersiapkan bibit unggul untuk dilatih kemampuan debat hukum yang akan dipersiapkan pada setiap event debat hukum baik tingkat lokal se-Kalimantan Barat maupun tingkat nasional. Keempat, kegiatan ini akan dipaketkan dengan lomba debat hukum di lingkungan FSEI IAIN Pontianak,” paparnya.

“Kami berencana untuk mengintensifkan kegiatan ini secara berkelanjutan setiap hari sabtu. Untuk tahap awal fokus kami lebih kepada orientasi, kemudian mengenalkan ilmu hukum dan ilmu syari’ah lalu membedah tiap contoh kasus, terakhir mengaktualisasikan kasus-kasus tersebut ke dalam dunia perdebatan,” pungkasnya.

Sementara itu, Reflian Wahyu selaku pemantik menjelaskan bahwa fokus awal kami adalah memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang problematika hukum kemudian baru mengenalkan kepada mereka tentang dunia debat hukum, teknik berdebat secara ilmiah, artikulasi dan retorika dalam berdebat, membedah mosi perdebatan, membagi substansi debat ke ranah filosofis, sosiologis dan yuridis, serta praktik debat hukum.

Ulil Azmi selaku pemantik kedua menambahkan bahwa pelatihan ini merupakan proses regenerasi kepada mahasiswa semester baru untuk memantik hasrat mereka terhadap dunia debat hukum. “Outputnya bagi mereka adalah sebagai aset dan bibit unggul mahasiswa hukum di FSEI IAIN Pontianak agar pada setiap event debat hukum nasional kami sudah memiliki calon peserta yang kompeten dan dapat bersaing untuk berprestasi pada level lokal maupun nasional,” terangnya.

Penulis: fadhieldluffy

Leave a Reply